Psychology of Social Commerce

Posted: December 14, 2011 in social medaia
Tags:

tadi sebelum tidur, tepatnya setelah subuh waktu iseng baca portal digital. ada yang menarik perhatian saya yaitu tentang Psychology Of Social Commerce yang isinya adalah apa yang harus dilakukan user sampe dengan tahap pembelian atau action.

jaman saya kuliah semester awal dulu (ya sekarang masih kuliah sih) sering membahas secara teori tentang konsep AIDA (Awarness Interest Desire and Action). bagaimana audience mulai di perkenalkan oleh sebuah produk sampe dengan tahap pengambilan keputusan pembelian. tapi itu hanya sebuah teori pemasaran yang nantinya juga pasti akan berkembang, ternyata benar juga. setelah lama gak baca teori itu dan sampe akhirnya saya melihat realita sekrang ini, ternyata teori itu emang harus ada tambahan menurut saya. mungkin +R (Recommendation) terlebih lagi di era digital (web 2.0) yang nantinya akan berkembang lagi menjadi web 3.0 .

nah, jadi kan gini. yang ingin saya share adalah tentang psikologi sosial dari online  user ketika mereka membuat keputusan pembelian. sebenarnya beberapa tahun lalu cara seperti ini dan datanya harus sudah ada yang lebih mengarah pada #Insight, klo uda dapet #Insight saya rasa akan banyak kemudahan dan tidak menerka-nerka apa yang menyebabkan audience melakukan pembelian (action).

  • Social Proof: 81% of customers reach out to friends and family members on social networking sites for advice before purchasing products
  • Authority77% of online shoppers use reviews to make purchase decisions
  • Scarcity77% of people like getting exclusive offers that they can redeem via Facebook. We assign more value to products that are less available
  • Like50% of shoppers have made a purchase based on the recommendation of the people they follow(and like) on social networks. We follow those we like and do the things they do
  • Consistency: Purchases made from the brands we trust reinforce our future shopping patterns
  • Reciprocity: We have an innate desire to repay favors in order to maintain social fairness, whether those favors are invited or not

nah, dari data diatas saya rasa bisa di pikirkan bersama terutama untuk temen-temen yang sekarang “bermain” di digital. oh iya, ternyata AIDA itu klo +R jadinya AISAS ding (Awarness Interest Search Action and Share). pernah ikut workshop ini soalnya beberapa tahun lalu.

*kalo tulisannya berantakan ya mending kita share aja lagi.. :))

data di atas saya ambil dari tabjuice.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s