Apa yang salah dengan #4SQ Indonesia/

Posted: June 6, 2011 in social medaia
Tags:

beberapa waktu belakangan ini aku sering dapetin infographics tentang perkembangan socmed, tapi dari segitu banyaknya socmed yang bisa di manfaatkan untuk branding, campaign, promo kenapa tidak ada data yang nyebutin keterlibatan foursquare di dalamnya? tanda tanya ini muncul waktu ngobrol bareng ovi dan babab tentang foursquare.

tapi jika kita perhatikan, pengguna foursquare di Indonesia agak nyeleneh walaupun penggunanya termasuk besar di Asia dan bahkan Indonesia menjadi nomer 1 di Asia dan yang lebih hebat lagi adalah ketika Indonesia mendapatkan Epic Swarm Badge untuk pertama kalinya.

Indonesia sekarang ini dikenal sebagai Jumper, bisa kita bayangkan hari ini di Indonesia, besok di USA dan lusa ada di UK. entah siapa yang salah kenapa ini bisa terjadi, tadinya saya berfikir yang salah adalah foursquare sendiri karena tidak memberikan filter yang baik sehingga user bisa melakukan jumping sampe ke negara lain demi badge.

klo pengakuan temen yang ternyata dia termasuk dalam 10 orang pemilik bagde terbanyak di dunia, mayor bagi dia uda gak penting lagi karena venue bisa aja di buat baru lagi jadi uda gak asik cari mayor di 1 venue.

ok, kita kembali ke point utama lagi. jika Indonesia tidak di kenal sebagai jumper, mungkin foursquare bisa maksimal di Indonesia artinya kita bisa menggunakannya untuk kebutuhan lain seperti promosi. dan sampe sekarang ini saya belum bisa tracking user yang chek-in di satu venue (mungkin saya belum dapet caranya aja kali ya?)

jika tidak mendapatkan data statistiknya gimana kita mau merencakan campaign? walaupun sudah ada beberapa venue yang kerja sama dengan foursquare seperti starbucks dan yang lainnya. tapi saya rasa itu masih kurang maksimal, tapi ada alternatif baru sebenarnya seperti gowalla yang sekarang penggunanya sudah lumayan banyak di Indonesia walaupun masih maksimal di Eropa dan USA.

ketika kita cerdas menggunakan socmed/ social network yang kita dapatkan tidak hanya teman dan ilmu tapi bisa lebih dari itu dan tergantung tujuan kita dalam penggunaannya sih. :O

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s